Contoh Contoh Asuransi dan Penerapanya dalam kehidupan Sehari-Hari

Contoh asuransi sebenarnya bentuk-bentuk praktik asuransi yang ada. Beberapa contoh yang masuk dalam kategori praktik asuransi:

Contoh Contoh Asuransi dan Penerapanya dalam kehidupan Sehari-Hari
Contoh Contoh Asuransi dan Penerapanya dalam kehidupan Sehari-Hari
1. Taspen
Taspen adalah bentuk praktik asuransi dimana nasabahnya adalah pegawai negeri, seperti guru, Pegawai Negeri Sipil lainnya. Taspen ini bertujuan untuk memberikan bekal bagi pegawai negeri sipil dan keluarganya yang telah pensiun. Biasanya taspen diberikan ketika para pegawai sipil telah habis masa bakti atau meninggal dunia sebelum masa pensiun.

2. Asabri
Asabri (Asuransi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia) merupakan contoh asuransi di Indonesia. Asabri hanya diperuntukkan bagi Anggota Angkatan Bersenjata Republik Indonesia, baik darat, laut, maupun udara. Contoh asuransi ini juga diperuntukkan bagi kepolisian serta para pegawai negeri sipil yang ada di lingkungan Departemen Pertahanan dan Keamanan Republik Indonesia.

3. Astek
Asuransi sosial tenaga kerja (astek) diperuntukkan bagi setiap tenaga kerja. Tetapi tidak semua tenaga kerja memperoleh perlindungan dari asuransi ini, yang mendapatkan hanya tenaga kerja yang didaftarkan oleh industrinya untuk dipertanggungkan program Astek. Untuk lebih menjamin terlaksananya perlindungan tenaga kerja, pemerintah mengeluarkan PP No.33 Tahun 1977 pasal 3, dikemukakan bahwa perusahaan wajib menyelenggarakan program Astek baik dengan mempertanggungkan tenaga kerjanya yang bekerja dalam suatu ikatan kerja dengan perusahaan dalam program Asuransi kecelakaan kerja dan asuransi kematian, maupun dengan memenuhi kewajiban dalam program tabungan hari tua kepada badan penyelenggara. Tidak semua perusahaan wajib mengikuti Astek, hanya saja perusahaan yang karyawanya sebanyak 100 pekerja atau lebih dan membayar upah para perkerjanya dengan upah minimal Rp.5.000.000,- dalam setiap bulanya.

4. Askes
Askes ini contoh asuransi keempat. Bentuk asuransinya berupa penanggulangan biaya perobatan bagi yang namanya tercantum dalam syarat penerima Askes. Dimana syarat pesertanya adalah sebagai berikut:

  • Pegawai negeri yang masih aktif bertugas,
  • Pensiunan pegawai negeri dan Purnawirawan ABRI,
  • Anggota keluarga dari nomor 1 dan 2, yaitu suami atau istri, anak-anak sah ataupun anak-anak angkat yang masih berumur dibawah 18 tahun dan belum menikah.

5. Pertanggungan kecelakaan penumpang
Asuransi yang ini merupakan bantuan berupa jaminan kepada setiap penumpang kendaraan umum (semua angkutan yang digunakan masyarakat banyak), yang sewaktu pembelian tiket kendaraan tersebut lazimnya terus membayar iuran wajib.

6. Asuransi kecelakaan lalu lintas
Yang menjadi peserta asuransi kecelakaan lalu lintas adalah setiap orang yang mengalami kecelakaan, dan pada waktu terjadi kecelakaan berada diluar kendaraan. Yang membayar iuran bentuk ini adalah para pemilik kendaraan, dimana iuranya itu dibayarkan ketika pengurusan STNK (surat tanda kendaraan bermotor), yaitu pos SWKLJ (sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan)

Demikian bahasan singkat seputar contoh contoh asuransi, semoga bermanfaat.

Contoh Contoh Asuransi dan Penerapanya dalam kehidupan Sehari-Hari Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Site Administrator

0 komentar: