Pengertian Asuransi Pendidikan


Pengertian Asuransi Pendidikan adalah jenis asuransi yang memberikan jaminan dana untuk pendidikan anak dimana dana akan diperoleh ketika anak masuk jenjang pendidikan SD, SMP, SMA, dan atau Perguruan Tinggi. Untuk beberapa produk asuransi pendidikan memberikan jaminan dana yang fleksible, yang dapat diambil hanya pada ketika anak masuk SMA, atau Perguruan Tinggi, namun sifatnya tidak wajib diambil pada saat tersebut, karena ketika dana penjaminan tidak diambil pada saat yang telah ditentukan maka oleh pihak perusahaan asuransi dana tersebut akan terus diinvestasikan hingga anak usia dewasa atau bahkan hingga anak usia  pensiun. Hal ini memberikan keuntungan bagi nasabah asuransi pendidikan, dimana nilai yang kemudian akan diperoleh semakin besar.

Manfaat Asuransi Pendidikan
Pengertian Asuransi Pendidikan, Pengertian, Asuransi, Pendidikan, Pengertian Asuransi, asuransi Pendidikan
Pengertian Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan memiliki dua manfaat yaitu memberikan manfaat investasi dan manfaat perlindungan ekonomi. Asuransi pendidikan memberikan manfaat Investasi, karena perusahaan asuransi akan mengelola dan menginvestasikan sebagian premi kemudian perusahaan asuransi akan memberikan dana yang jumlahnya telah disepakati dalam polis asuransi, dana tersebut akan dibayarkan dengan waktu dimana anak akan masuk sekolah. Hal ini tentu saja sangat tepat karena pengeluaran biaya sekolah berada di awal pembelajaran masuk sekolah, seperti membayar uang awal tahunan, pendaftaran, dan dana sumbangan pembangunan, termasuk pembelian buku yang wajib dimiliki siswa.

Manfaat asuransi yang kedua yaitu Asuransi Pendidikan memberikan manfaat perlindungan ekonomi, dengan menjanjikan sejumlah uang jika kemudian pemegang polis (orang tua yang membayar premi asuransi) mengalami kematian. Dalam pengertian asuransi dan makalah asuransi menjelaskan tentang uang pertanggungan yang diberikan, yaitu uang pertanggungan sesuai dengan biaya pendidikan anak yang telah disepakati dalam polis. Sederhananya, beberapa perusahaan asuransi memberikan manfaat perlindungan ekonomi seperti ini: Ketika orang tua (sebagai pemegang polis) meninggal pada masa dimana pemegang polis memiliki kewajiban membayar premi asuransi, tapi musibah menimpa dengan meninggal dunia, maka sejumlah uang sisa yang harus dibayarkan akan ditutupi oleh perusahaan asuransi hingga batas waktu perjanjian yang telah disepakati, namun nilai manfaat tetap dapat diambil oleh penerima manfaat, dalam hal ini anak yang disekolahkan dengan jumlah asumsi sama sesuai dengan yang tertera dalam polis.

Nilai manfaat lain yang juga diberikan seperti biaya rawat inap dan obat, kecuali vitamin, ketika anak sakit dan harus dirawat di rumah sakit ditanggung perusahaan asuransi ketika klaim asuransi. Tentunya dengan ketentuan dan syarat yang telah disepakati dalam polis, biasanya produk asuransi ini dimiliki oleh perusahaan asuransi dengan unit link dwiguna.

Jenis produk asuransi sangat variatif, namun asuransi terbaik yang tepat untuk mempersiapkan pendidikan anak adalah asuransi pendidikan. Tentunya mempersiapkan pendidikan dimasa yang akan datang untuk anak adalah orang tua, kebijaksanaan kita diperlukan untuk menjamin ketersediaan dana pendidikan anak sehingga pada saatnya dibutuhkan dana tersebut telah tersedia, hal ini jelas dilakukan untuk menghindari berbagai resiko yang bisa saja terjadi.

Artikel pengertian asuransi pendidikan ini semoga menambah wawasan seputar dunia asuransi sehingga memberikan bahan pertimbangan dalam membeli produk asuransi.

Pengertian Asuransi Pendidikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Site Administrator

0 komentar: