Pengertian Premi Asuransi


Pengertian premi asuransi adalah jumlah uang yang harus dibayarkan setiap bulannya sebagai kewajiban tertanggung atas perjanjian yang telah disepakati dalam keikutsertaan asuransi. Jumlah besaran premi asuransi yang dibayarkan bergantung dari produk dan jumlah produk asuransi yang diambil. Semakin banyak produk asuransi maka harga akan semakin mahal, pun sama semakin tinggi kelas yang diambil maka premi bulanan juga akan naik. Kelas disini merujuk pada kelas yang ada di rumah sakit, VIP, Kelas 1, 2, dan lainnya.
Pengertian Premi Asuransi
Pengertian Premi Asuransi
Penghitungan premi asuransi menggunakan aplikasi yang dapat menghitung dengan cepat besaran premi yang kelak dibayarkan ketika seseorang mengambil produk asuransi. Besaran premi asuransi yang harus dibayarkan selain dipengaruhi oleh produk asuransi juga dipengaruhi oleh riwayat kesehatan dan jenis pekerjaan penerima manfaat asuransi. Misalnya seorang yang bekerja sebagai tentara dan seorang pegawai teller bank, untuk mendapatkan nilai manfaat yang sama maka jumlah premi yang dibayarkan akan berbeda, seorang yang bekerja sebagai tentara akan jauh lebih mahal dalam membayar premi asuransi jika dibandingkan dengan pegawai teller bank dikarenakan resiko dalam pekerjaan sebagai tentara lebih besar sehingga dalam penghitungan pun terdapat kelas pekerjaan yang terdiri dari kelas I, kelas II, dan kelas III, dimana kelas tersebut diperhitungkan sebagai kelas dari pekerjaan paling tidak beresiko seperti guru, sampai yang paling beresiko, ABK untuk contoh lainnya.
Lihat juga Pengertian Asuransi
Premi asuransi untuk perusahaan asuransi tradisional hanya memiliki premi tunggal, dimana sejumlah uang yang dibayarkan hanya untuk satu tujuan saja. Misalnya seseorang membeli produk asuransi tradisional yang khusus untuk kesehatan, maka jumlah premi yang dibayarkan memang tidak terlalu mahal tapi jika si penerima manfaat asuransi tersebut tidak mengalami resiko maka ia tidak akan mendapatkan manfaat dari pembelian asuransinya tersebut dan sejumlah uang yang dibayarkan dalam bentuk premi asuransi bulanan itu tidak dapat diambil. Berbeda dengan perusahaan asuransi modern yang menjual dua produk sekaligus, meskipun tetap bisa mengambil layaknya asuransi tradisional, pada perusahaan asuransi ini seseorang yang membeli produk asuransi dapat mengambil nilai manfaat dalam bentuk uang dan dapat diambil dalam jangka waktu tertentu sesuai perjanjian kontrak antara tertanggung dengan pihak penanggung. Namun untuk produk asuransi jenis ini terkendala dengan premi bulanan yang dapat dikatakan mahal untuk sebagian besar masyarakat.

Kembali lagi pada pengertian premi asuransi, pengertian premi asuransi menurut sumber lainya ialah sejumlah uang yang wajib dibayarkan setiap bulannya dari pihak tertanggung atas keikutsertannya dalam asuransi dengan besarnya uang yang dibayarkan atas keikutsertaan pihak tertanggung pada asuransi ditentukan oleh perusahaan asuransi dengan memperhatikan keadaan dari pihak tertanggung.

Demikian pengertian premi asuransi, semoga bermanfaat dan dapat memilih produk asuransi sesuai kebutuhan Anda agar premi asuransi bisa cocok dengan kondisi keuangan dan kebutuhan kesehatan Anda.

Pengertian Premi Asuransi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Site Administrator