Pengertian Search Engine, Cara Kerja, Manfaat, dan Fungsinya


Pengertian search engine, cara kerja, dan manfaatnya. Sebenarnya bagaimana pengertian search engine menurut para ahli dan pakar? atau yang tertulis pada ensiklopedia online wikipedia? ada banyak search engine yang dapat digunakan untuk digunakan dalam pencarian di internet, seperti contoh search engine Google.
Pengertian Search Engine, Cara Kerja Search Engine, Manfaat Search Engine, Fungsi Search Engine
Tanpa berbasa-basi lagi, kita coba bahas secara sederhana tentang search engine.

Pengertian Search Engine
Pengertian search engine menurut wikipedia atau mesin pencari adalah sebuah sistem perangkat lunak (software) yang di desain untuk melakukan pencarian data atau informasi di world wide web (www). Dan hasil pencarian akan menampilkan rangkaian informasi yang bersumber dari website/blog tertentu, kemudian hasil pencarian ini sering disebut SERPs (Search Engine Result Pages). Dari hasil pencarian yang diperoleh selain sejumlah artikel dari banyak website, informasi lainnya juga ditampilkan seperti gambar, video, dokumen berupa PDF, doc, atau data yang lainnya. Pendataan yang dilakukan oleh search engine secara otomatis dan real time berdasarkan sistem tertentu yang kemudian disebut algoritma. Dimana algoritma ini membaca kata kunci yang relevan antara data yang tersimpan di website dengan pencarian yang dilakukan user/pengguna.

Manfaat Search Engine
Manfaat search engine adalah mempermudah pengguna untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Karena dengan sistem algoritma, dimana robot perayap akan mencari kata kunci yang digunakan user ketika mengetikkan kata kata di kotak pencarian maka sistem tersebut mencocokkan antara data website dan kata kunci tadi sehingga user tidak perlu mencari-cari data yang sesuai dari ribuan bahkan jutaan website yang berbeda-beda kemudian memunculkannya hanya dalam hitungan detik. Bisa Anda bayangkan jika tidak ada search engine? Anda harus memilih satu atau beberapa website yang sesuai dengan membaca dan membukanya satu persatu dari jutaan website yang tersebar, terlebih lagi apakah kita akan ingat nama-nama website itu? Butuh berapa lama unutk melakukan itu? Yang pasti akan sangat merepotkan.

Cara Kerja Search Engine
Cara kerja search engine seperti yang telah disinggung diatas yaitu dengan membaca kata kunci yang tersedia di website-website tertentu dan mencocokkan dengan pencarian yang Anda ketikkan di kotak pencarian. Sampai saat ini, search engine terpopuler adalah google. Sistem pencarian menggunakan mesin yang dikenal dengan spyder bot atau robot laba-laba atau robot perayap yang akan merayapi seluruh website yang terideks dengan sangat cepat.

Lihat video dari Matt Cutts (Engineering Quality Google) untuk lebih mudah memahami Cara Kerja Search Engine.

Fungsi Search Engine
Fungsi search engine adalah untuk memudahkan proses pencarian yang kita lakukan di internet (searching) dimana tugas pencarian yang kita lakukan diwakili oleh bot atau robot pencari dengan cepat dan merayapi jutaan website kemudian menampilkan sejumlah website yang sesuai dengan kata kunci yang kita cari, hal ini terjadi hanya dalam hitungan detik, bahkan kurang.

Lalu apa itu searching?
Pengertian searching adalah kegiatan yang kita lakukan untuk mendapatkan hasil yang sesuai keinginan kita menggunakan mesin pencari di internet. Searching dilakukan untuk mendapatkan hasil secara tepat dan akurat sehingga mampu meminimalisir dan mengurangi waktu kerja kita dengan hasil tentunya lebih maksimal. Searching kadang disebut juga dengan berselancar atau surfing, mencari data-data dari jutaan website. Pengertian searching lebih sederhananya yaitu memanfaatkan search engine untuk mendapatkan hasil yang maksimal secara cepat dan akurat.

Demikian ulasan sederhana tentang pengertian search engine, semoga menambah wawasan seputar internet.

Pengertian Search Engine, Cara Kerja, Manfaat, dan Fungsinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Site Administrator